atap parkir tenda membrane

Cara Pemasangan Atap Membran

Tren penggunaan atap membran semakin banyak diminati. Entah karena nilai estetis yang ditawarkan atau karena memang mencari keawetannya dibandingkan dengan jenis atap lain. Jika Anda memerhatikan, desain atap dari membran sudah sangat variatif sekali. Bahkan ada beberapa desain yang benar-benar ekstrim hingga menimbulkan pertanyaan, bagaimana cara memasang atapnya? Biasanya, pemasangan atap tergantung dengan banyak faktor. Untuk lebih jelas, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Cek juga >>
- Kisaran Harga Tenda Membrane
- Kualitas Tenda Membrane

Faktor yang Memengaruhi dan Cara Pemasangan Atap Membran

Beberapa faktor yang memengaruhi pemasangan atap jenis membran antara lain adalah desainnya, kebutuhan atau tujuan pemasangan, luas tenda, dan yang terakhir kontur tanah. Setelah semua data dikumpulkan, baru pemasangan bisa dilakukan. Berikut adalah penjelasan masing-masingnya.

Faktor yang Memengaruhi

Sebelum atap membran dipasang, biasanya penyedia jasa pemasangan akan melakukan beberapa survey terlebih dahulu. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan antara lain adalah desain membrane. Semakin rumit desain, nantinya bakal semakin sulit pula proses pemasangannya. Di samping itu faktor kebutuhan juga sangat menentukan. Pemasangan atap antara tenda yang digunakan dalam public space dan tenda untuk penggunaan tentu berbeda. Tingkat kesulitan pada public space biasanya lebih tinggi. Selain itu, beberapa faktor lain yang memengaruhi adalah luasnya tenda, dan juga kontur tanah tempat tenda akan didirikan.

Proses Pemasangan Atap Membrane

Setelah semua faktor dihitung, maka selanjutnya adalah proses pemasangan. Pada tahap ini, terdapat setidaknya dua langkah. Yang pertama adalah mendirikan tiang jika atap yang dipasang menggunakan model layar atau tarik, dan mendirikan kerangka hollow jika atap yang digunakan berupa membrane rangka. Tiang nantinya akan ditempatkan pada titik yang sudah ditentukan. Tahap selanjutnya adalah menaikkan atap untuk dipasangkan. Atap jenis tarik akan dipasang bersamaan dengan ujungnya diikat ke masing-masing tiang tadi. Sedangkan pada tenda kerangka, atap dilekatkan mengikuti bentuk kerangka hollow.

Pengecekan Akhir

Setelah atap membrane terpasang, maka yang terakhir adalah melakukan final checking atau pengecekan akhir. Tahap ini diperlukan untuk meninjau kembali semua aspek terkait pemasangan sebelumnya, meliputi presisi, keamanan, dan kekuatan tenda. Sangat jarang ditemukan kesalahan pada tahap ini. jika pun ditemukan, maka kesalahan tersebut umumnya bisa ditolerir dan bisa segera di atasi. Seharusnya jika pada tahap penelitian awal sudah memenuhi persyaratan, maka kesalahan hampir tidak mungkin ditemukan kesalahan lagi.

Itulah beberapa tahapan atau proses seputar pemasangan atap membrane yang bisa Anda ketahui. Anda sekarang bisa membayangkan bagaimana rumitnya memasang membrane dengan desain-desain ekstrim. Tentu Anda tidak perlu memasangnya sendiri. Anda bisa memercayakannya kepada para penyedia jasa pemasangan tenda membrane yang saat ini dengan mudah ditemukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *